[Artikel] Ayo Cari Tahu Sifatmu Berdasarkan Golongan Darah

Cover

Jadi gini, saya ada tugas disuruh buat artikel di sekolah dan berhubung saya bingung mau bikin artikel dengan tema gimana, akhirnya saya bikin deh artikel tentang golongan darah xD. Pasti udah banyak yang tahu kan? Ini lagi ngetren belakangan. Terus, daripada ini artikel nganggur di laptop, mending saya share kan? Hehehe. Silahkan dibaca guys ^^

Mungkin Anda sering membaca dan mendengar karakteristik dan tipe kepribadian seseorang berdasarkan zodiak, shio, primbon, tanggal lahir, dsb. Namun, tahukah Anda jika sifat manusia bisa dilihat dari golongan darah yang dimilikinya? Bagaimana itu bisa terjadi? Siapakah yang mengungkapkan konsep tersebut untuk pertama kali? Mari kita bahas lebih lanjut!

Orang Jepang percaya bahwa golongan darah merupakan salah satu pembawa sifat pada manusia. Jepang telah melakukan penelitian tentang karakteristik manusia yang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada shio atau zodiak. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa golongan darah terdiri atas protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh manusia. Maka dari itu, Jepang mengatakan bahwa golongan darah merupakan salah satu penentu yang membawa sifat psikologis manusia.

Konsep kepribadian berdasarkan golongan darah dipelajari dan dikembangkan oleh Mashiko Nomi, seorang wartawan asal Jepang, pada tahun 1970. Hal ini dipicu oleh sebuah majalah oleh Furukawa Takeji, dalam sebuah jurnal Penelitian Psikologis tentang “Tempramen Melalui Golongan Darah.” Berdasarkan hal tersebut, Anda dapat membuat prediksi sifat seseorang berdasarkan golongan darah yang dimilikinya. Misalnya, jika ada seseorang yang bergolongan darah A, kemungkinan orang tersebut memiliki sifat perfeksionis dalam mengerjakan pekerjaannya. Untuk lebih lengkapnya, marilah kita simak sifat berdasarkan golongan darah yang dipelajari dan dikembangkan oleh Mashiko Nomi berikut ini.

Sifat Golongan Darah A

Orang yang bergolongan darah A biasanya rajin dan perfeksionis. Mereka suka ketenangan dan jarang mengungkapkan perasaan mereka, lebih senang dengan mendengar cerita orang lain daripada bercerita tentang diri mereka sendiri. Tidak suka belajar bersama yang lain karena biasanya orang yang bergolongan darah A tidak akan bisa fokus dalam suasana yang ramai. Menurut kutipan dari yukiwaterfilter.com ini, orang yang bergolongan darah A adalah orang yang sopan, cenderung pemalu. Semua orang yang bergolongan darah A memiliki kesamaan, yaitu tidak pernah benar-benar merasa cocok dengan orang lain dan sulit mempercayai orang lain. Tapi, walaupun begitu, orang dengan golongan darah A dapat dipercaya dan bisa menjaga rahasia dengan baik. Mereka juga tepat waktu dan membenci orang yang tidak tepat waktu.

Sifat Golongan Darah B

Orang yang bergolongan darah B biasanya cuek dan mempunyai aturan sendiri. Karakter mereka santai dan lebih senang mengikuti aturan-aturan dan ide mereka sendiri, karena mereka tidak terlalu menyukai peraturan yang bersifat mengikat. Lebih tepatnya, mereka orang yang individualis. Berdasarkan blog cdproom.blogspot.com, orang dengan darah tipe B ini terkadang berbicara tidak terkontrol, sehingga tidak jarang lawan bicaranya tersinggung oleh perkataan mereka. Namun, sisi baiknya, mereka merupakan tipe pekerja keras, mudah bergaul, dan jujur karena mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Mereka juga romantis, hanya pembawaan mereka saja yang terlalu kaku.

Sifat Golongan Darah O

Berdasarkan riset, golongan darah O merupakan gologan darah yang paling banyak jumlahnya. Memiliki sifat yang terbuka, enerjik, dan sosial. Mereka ramah dan ceria, dan pembawaannya paling fleksibel dibandingakn dengan golongan darah lain. Sangat senang bercerita dan mendengar cerita orang lain. Walaupun begitu, orang yang memiliki tipe darah O terkadang tidak menceritakan masalahnya jika mereka merasa bahwa masalah itu terlalu berat dan hanya menutupi perasaannya dengan senyum. Umumnya, orang yang bergolongan darah O mempunyai sifat yang adil, bijaksana, namun labil dalam mengambil keputusan. Tapi, karena sifat-sifat itulah golongan darah O cocok mnjadi pemimpin, karena orang dengan tipe darah O selalu mendengar pendapat orang lain dan memikirkannya matang-matang sebelum mengambil keputusan. Kelemahannya, orang dengan darah tipe O keras kepala dan gampang menyerah apabila mereka gagal. Terkadang, orang dengan tipe golongan darah O bisa jadi sangat percaya diri.

Sifat Golongan Darah AB

AB merupakan tipe darah yang agak jarang dari golongan darah lain. Seperti yang dikatakan oleh http://www.wedaran.com, mereka yang bergolongan darah AB memiliki kepribadian ganda, karena memiliki sifat dari golongan darah A dan golongan darah B yang kadang-kadang bertentangan. Susah ditebak, karena mereka bisa saja marah namun, tak berapa lama kemudian mereka tertawa terbahak-terbahak. Dalam hal pembawaan diri, mereka lebih condong ke golongan daah B yang cuek, pandai bergaul, pendirian kuat, serta optimis. Namun, secara hati, mereka mempunyai sifat seperti golongan darah A yang suka mengalah dan gampang memaafkan. Tipe darah AB cukup bertanggung jawab tapi tidak dapat menanggung banyak masalah.

Itulah beberapa sifat seseorang berdasarkan golongan darah. Tentu saja, golongan darah tidak dapat dijadikan patokan sebagai sifat dasar seseorang. Semua itu kembali kepada diri kita masing-masing dan bagaimana kita membawa diri di masyarakat, karena setiap orang mempunyai sifat dan karakter masing-masing. Namun, setidaknya info tersebut dapat bermanfaat dan menjadikan diri kita lebih baik lagi.

Oleh: Rini Amini Raisa

Jadi apa golongan darahmu? Sesuaikah dengan karakter kalian? Hehehe. Sumber udah ditulis, sisanya saya amati sendiri 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s